Jumat, 29 April 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kurtilas SMPLB-C Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMPLB
Tema                                       : I (Satu) Mengenal Cuaca dan Musim.
Subtema                                  : 1 (Satu) Cuaca
Pembelajaran                           : 1 Cuaca  
Kelas / Semester                      : VII / I  Tunagrahita.
Alokasi Waktu                        : 3 X Pertemuan
Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia

1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa
2.2 Memiliki  kedisiplinan dan tanggung jawabuntuk hidup sehat serta merawat hewan  melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      2.2.1 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawabmerawat hewan 

3.1   Menggali informasi dari teks laporaninformatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, dan perubahan iklim dan cuaca dengan bantuan guru dan teman dalambahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Menggali informasi dari teks laporan
3.1.2 mencari informasi melalui wawancara
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, dan perubahan iklim dan cuaca secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Mengolah mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi
Matematika
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Menunjukkan sikap Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika
3.2  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
        3.2.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung
 4.2.1    Melakukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui   pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
          4.2.1 Menghitung sifat-sifat operasi hitung bilangan

SBK
1.1        Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1        Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.3      Mengenal alat music ritmis dan pola irama bervariasi.
3.3.1            Menyebutkan bagaimana cara memainkan alat musik
3.3.2               Menyebutkan gerakan yang dapat mengiringi permainan music
    4.4 Memainkan alat music ritmis dengan pola irama bervariasi.
       4.4.1 Melakukan kegiatan gerakan angkrek dengan diiringi oleh music
Prakarya
1.1    Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
1.1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1  Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.1 1 Menunjukkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengenal proses membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas.
           3.4.1 Menyebutkan tahapan proses pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
            3.4.2 Mengenal tahapan proses pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4 Mempratekkan cara membuat  hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4.1        Mempraktekkan pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4.2        Menempel hiasan pegas
C Tujuan  Pembelajaran
1.     Dapat mengamati gambar dan membuat pertanyaan
2.     Dapat melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi tentang cuaca
3.   Dapat menggali informasi dari teks laporan
4.     Dapat membuat garis bilangan dan mengetahui cara menghitung operasi bilangan
5.     Dapat memainkan alat musik music alat dapur
D . Materi  Pembelajaran
Bahasa Indonesia      : Menyusun pertanyaan sesuai dengan gambar.
                                    Mencari informasi tentang merawat hewan
Matematika                : Menghitung operasi bilangan
SBK                           : Mendemonstrasikan cara memainkan alat musik alat dapur

kentongan
E. Metode dan pendekatan pembelajaran
Metode                                : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
Pendekatan                         : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
                                              informasi/eksperimen,    mengasosiasi / menalar, dan
mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Gambar cuaca, alat dapur
2.      Alat: Cutter, Gunting, kuas.
3.      Bahan: gunting lem, kertas, jarum, pin paku payung
4.      SumberBelajar: Buku siswa, Lingkungan sekitar.


A.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·         Mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
15 Menit
Kegiatan Inti
Hari Pertama
Langkah-langkah Kegiatan
1.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang cuaca
2.      Siswa mengamati gambar tentang gambar cuaca (mengamati)
3.      Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar, menanyakan pertanyaan itu kepada teman, bila merasa belum puas dapat menanyakan kepada Guru.Ketika siswa membuat pertanyaan dan bertanya kepada temannya, Guru berkeliling sambil membuat catatan. Guru memberi arahan, bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk bisa membuat pertanyaan, menanyakan kepada temannya dan menjawab pertanyaan yang diberikan temannya untuk menggali informasi lebih lanjut. Guru memandu siswa untuk menjawab pertanyaan. Jika siswa belum puas dengan jawaban temannya, guru dapat melengkapi jawaban tersebut( menanya)
4.      Siswa diajak ke perpustakaan  untuk mencari informasi tentang cuaca   (mengumpulkan informasi).
5.      Siswa dipandu melalukan wawancara untuk menggali informasi tentang cuaca
6.      Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya
7.      Guru berkeliling sambil membuat catatan dan membimbing siswa yang masih kesulitan menyelesaikan tugasnya.

Hari Kedua
1.      Siswa diarahkan kembali tentang cuaca (mengumpulkan informasi )
2.      Siswa mendiskusikan informasi yang diperoleh (mengomunikasikan).
Ayo mencoba

1.   Siswa melakukan pemanasan dengan berlari kecil mengelilingi lapangan untuk menjaga kesehatan
Ayo menghitung
Siswa Menghitung operasi bilangan (mengomunikasikan).
Hari Ketiga
1.      Siswa mengamati gambar alat-alat musik dari bambu (mengamati)
2.      Siswa sesuai dengan intruksi guru memanfaatkan alat dapur  sebagai alat musik (mencoba)
Ayo berkreasi
 1. Siswa diarahkan guru berkreasi membuat lonceng  (mengomunikasikan).
2. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan
   dalam membuat lonceng (mengumpulkan informasi).
145 Menit
Penutup
·         Melakukan penilaian.
·         Memberikan tugas.
·         Merefleksi tentang materi yang belum dipelajari tentang adaptasi hewan terhadap perubahan musim  dan bermain music dengan kentongan .
·         Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
15 Menit


B.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap                    : Observasi saat pembelajaran 5 (prakiraan cuaca).
b.     Penilaian pengetahuan        : ketepatan dalam menggunakan kalimat
c.    Penilaian keterampilan        : Menilai proses dan hasil kerja.
2.      Instrumen Penilaian

a.      Penilaian sikap jujur saat pembelajaran pembelajaran 5 prakiraan cuaca.
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
Minggu ke : ............................................. Bulan :......................... . 20....  Sub Tema :1

NO
NAMA SISWA
PENILAIAN SIKAP
PERCAYA DIRI
DISIPLIN
KERJA SAMA
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3











      Keterangan Skor
·   Percaya diri
   1 :   Tak bisa menyebutkan simbol lambang cuaca walaupun sudah dibimbing
         2 :   Mau menyebutkansimbol lambang cuaca dengan bimbingan
         3 :   Mau menyebutkan simbol lambang cuaca tanpa di bimbing
·   Disiplin
   1  : Tidak mau melakukan sesuai aturan walaupun sudah  di bimbing
   2 : Mau melakukan permainan sesuai aturan dengan bimbingan
   3 : Mau melakukan permainan sesuai aturan tanpa di bimbing
·   Kerja sama
   1 :   Tidak dapat melakukan kerja sama dengan teman walaupun sudah   
    di bimbing
   2 :   Dapat melakukan kerja sama dengan teman dengan bimbingan
        3  :   Dapat melakukan kerja sama dengan teman tanpa bimbingan
Kriteria penilaian
Nilai  =   Jumlah skor yang di peroleh    X   100%
                Skor maksimal
-          Siswa di katakan berhasil dengan sempurna bila dapat menguasai 90% - 100% aspek yang di nilai
-           Siswa di katakan berhasil dengan baik  bila dapat menguasai 70% - 89% aspek yang di nilai
-          Siswa di katakan berhasil dengan cukup bila dapat menguasai 50% - 69% aspek yang di nilai
-          Siswa di katakan belum berhasil  bila tidak mencapai nilai 49% aspek yang di nilai

b.      Penilaian Pengetahuan (terlampir).
Muatan Bahasa Indonesia.
Bentuk Soal:Menulis pertanyaan mengenai gambar prakiraan cuaca.
Muatan Matematika
Lembar kerja dinilai dengan angka. (soal matematika sesuai dengan materi pembelajaran)
Seni Budaya
·         Menyanyikan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan dengan diiringi alat musik kentongan
c.       Penilaian Keterampilan

c.    Penilaian ketrampilan


a.    Penilaian Keterampilan
Seni Budaya
Menyanyikan lagu Potong Bebek Angsa dengan diiringi alat musik ritmis gendang.
Nama Siswa: ________                                          Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Ketepatan nada




2.
Ketepatan tempo




3.
Penghayatan lagu




4.
Penampilan




Jumlah




Skor Maksimum
16

Keterangan penilaian:
1 =  tidak kompeten
2 =  cukup kompeten
3 =  kompeten
4 =  sangat kompeten
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).  Jika seorang siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).  Jika seorang siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3).  Jika seorang siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).  Jika seorang siswa memperoleh skor  4-7 dapat ditetapkan tidak kompeten
Penilaian unjuk kerja membuat lonceng
Penilaian unjuk kerja membuat bel/lonceng
Nama Siswa: ________                                      Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Persiapan alat dan bahan




2.
Memberikan paku yang diikat dengan tali




3.
Melubangi botol atau gelas pada bagian atas




4.
Hasil akhir berbunyi atau tidak




Jumlah




Skor Maksimum
16

Keterangan penilaian:
1 =  tidak kompeten
2 =  cukup kompeten
3 =  kompeten
2    =  sangat kompeten


Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).    Jika seorang siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).    Jika seorang siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3).    Jika seorang siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).    Jika seorang siswa memperoleh skor  4-7 dapat ditetapkan tidak kompeten

Mengetahui
Kepala Sekolah



...............................................
NIP ........................................
Yogyakarta,   
Guru Kelas VII



...................................................
NIP ............................................



5 komentar:

  1. file yang bagus.untuk tema 3 Kelas 7 Tunagrahita ada tidak?

    BalasHapus
  2. Sangat membantu.terima kasih

    BalasHapus
  3. Izin pak mau tanya bapak ada RPP kelas 7 tunagrahita SMPLB terima kasih pak

    BalasHapus
  4. Maaf Pak Mau tanya kalau yang pembelajaran 2 adakah di Bapak?
    Mohon bantuannya...
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Steel - titanium sheet metal - ITIAN Art
    Steel - titanium sheet metal. - -. -. T.S. Steel - Titanium Sheet Metal. T.S. Steel. -. T.S. titanium wok Steel. -. T.S. Steel. titanium bracelet -. T.S. titanium 4000 Steel. -. T.S. titanium grey Steel. -. T.S. Steel. -. T.S. Steel. -. T.S. Steel. -. T.S. titanium ring

    BalasHapus