RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPLB
Tema : I (Satu)
Cuaca dan Musim.
Subtema : 1 (Satu) Cuaca.
Pembelajaran : 5 Prakiraan Cuaca
Kelas / Semester : VII / I Tunagrahita.
Alokasi Waktu :
3 X Pertemuan (3 Hari).
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1Menunjukkan
rasa syukur bisa memanfaatkan garis bilangan.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
2.3.1
Menunjukkan prilaku
kerjasama dengan temannya dalam belajar garis bilangan.
3.2 Memahami
letak bilangan pada garis bilangan.
3.2.1 Menyebutkan cara menentukan letak
bilangan pada garis bilangan.
4.2 Membuat
garis bilangan dan menentukan letak bilangan pada garis tersebut
4.2.1 Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan.
Bahasa Indonesia
4.3 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan
perubahan, bumi dan alam semesta.
4.3.1
Menunjukkan prilaku
mensyukuri keadaan cuaca yang sedang terjadi.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, energi
alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam
semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mencari
informasi tentang prakiraan cuaca melalui media
3.1.2
Menjelaskan cara
memperoleh informasi tentang
prakiraan cuaca
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan
informatif hasil observatif tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah
untuk membantu penyajiannya.
4.1.1
Menuliskan
symbol lambang cuaca
IPA
1.1 Menyadari
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Menyadari keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
2.2 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menunjukkan
perilaku dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
3.1
Mendeskripsikan berbagai perubahan wujud benda
3.1.1 Mendeskripsikan berbagai perubahan wujud benda
4.1
Melaporkan secara sederhana berbagai
perubahan wujud benda
4.1.1 Melaporkan secara sederhana berbagai perubahan wujud benda
PJOK
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
1.1 1. Menunjukkan prilaku
mensyukuri memiliki fisik yang sehat.
3.5 Mengenal
konsep kebutuhan istirahat, tidur dan pengisian waktu luang untuk menjaga
kesehatan.
3.5.1 Menyebutkan jenis
olahraga rekreatif untuk menjaga kesehatan.
4.5 Menceritakan
kebutuhan istirahat, tidur dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.5.1 Mempraktekkan
olahraga kreatif.
Seni Budaya
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1
Menunjukkan prilaku
mensyukuri karya seni yang dimiliki daerahnya.
3.3 Mengenal
harmoni musik dalam praktek musik.
3.3.1 Menyebutkan
cara memainkan alat musik yang menggunakan alat dapur.
4.4 Memainkan
alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua
suara.
4.4.1
Memainkan alat musik
bambu.
Prakarya
2.1 Menghargai
alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.1.1 Menunjukkan prilaku menjaga
kelestarian lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengenal
proses membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas.
3.4.1 Menyebutkan
tahapan proses pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4 Mempratekkan
cara membuat hiasan yang digerakkan
dengan pegas.
4.4.1 Mempraktekkan
pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dapat
mengamati gambar, membuat pertanyaan.
2. Dapat
melakukan wawancara, untuk mendapatkan informasi tentang prakiraan cuaca.
3. Dapat
menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
4. Dapat
menentukan bilangan yang terletak diantara dua bilangan.
5. Dapat
mengetahui keragaman tempat tinggal.
6. Dapat
bermain musik seruling dan menyanyikan lagu “Tik Tik Bunyi Hujan”
7. Mengetahui
alat, bahan dan cara kerja, dan membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas.
D.
Materi
Pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan.
Keberagaman tempat
tinggal.
Matematika
Letak bilangan pada garis bilangan.
Bahasa Indonesia
Mencari informasi
dengan wawancara.
PJOK
Lari estafet bendera.
Seni Budaya
Bernyanyi lagu Tik-Tik
Bunyi Hujan diiringi seruling.
Prakarya
Membuat hiasan dengan
pegas.
E. Metode dan
pendekatan pembelajaran
Metode : Ceramah,
diskusi, tanya jawab, penugasan.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/eksperimen, mengasosiasi / menalar, dan mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Gambar cuaca, Seruling, Bendera.
2. Alat:
Cutter, Gunting, kuas.
3. Bahan:
Styrofoam, lem, pegas, pola payung, topi, jas hujan, cat air, karton.
4. Sumber
Belajar: Buku siswa, Lingkungan
sekitar.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Hari ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah seorang siswa.
·
Melakukan presensi.
·
Mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan dan tujuan yang akan dicapai.
·
|
15 Menit
|
Pendahuluan
|
Hari Pertama
Langkah-langkah
Kegiatan
1.Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Prakiraan
Cauca (mengamati)
2.Siswa
mengamati gambar tentang Prakiraan
Cauca (mengamati)
3.Guru
mengkondisikan siswa berpasangan dengan temannya.
4.Siswa membuat pertanyaan
berdasarkan gambar, menanyakan pertanyaan itu kepada teman, bila merasa belum
puas dapat menanyakan kepada Guru. Ketika siswa membuat pertanyaan dan
bertanya kepada temannya, Guru berkeliling sambil membuat catatan. Guru
memberi arahan, bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk bisa membuat pertanyaan,
menanyakan kepada temannya dan menjawab pertanyaan yang diberikan temannya
untuk menggali informasi lebih lanjut. Guru memandu siswa untuk menjawab
pertanyaan. Jika siswa belum puas dengan jawaban temannya, guru dapat
melengkapi jawaban tersebut( menanya)
5.Siswa menukarkan
dan mendiskusikan jawaban pertanyaan
yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
6.Siswa diarahkan untuk melakukan wawancara mencari infomasi tentang prakiraan cuaca
7.Siswa
diminta untuk menulis hasil pengamatannya sesuai dengan tabel
8.Guru
berkeliling sambil membuat catatan dan membimbing siswa yang masih kesulitan
menyelesaikan tugasnya.
|
15 Menit
|
Hari
ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·
Mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang
akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan informasi
1.
Mendengarkan penjelasan tentang pembentukan kelompok dan cara melakukan
lari estafet bendera.
2.
Melakukan gerakan pemanasan berlari-lari kecil mengelilingi lapangan.
3.
Lari estafet beregu sesuai instruksi guru.
Mengasosiasi
1.
Menghitung bilangan pada garis bilangan seperti urutan dalam lari
estafet, kemudian menuliskan bilangan yang terletak diantara dua bilangan
pada lembar yang tersedia.
2.
Merdiskusikan tentang keadaan tempat tinggal masing-masing dan mencatat
hasil diskusi.
|
145 Menit
|
Penutup
|
1.
Melakukan penilaian.
2.
Memberikan tugas.
3.
Merefleksi tentang materi yang belum dipelajari dan siswa diminta
menyiapkan bahan/alat yang dibutuhkan untuk berkreasi (membuat hiasan pegas).
|
15 Menit
|
Hari ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·
Mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang
akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengasosiasi
1.
Membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas sesuai dengan langkah-langkah
yang disediakan.
Mengkomunikasikan
1.
Memajang hasil karya masing-masing di papan pajang sekolah.
2.
Memainkan seruling sesuai instruksi guru dan melakukannya berulang-ulang
sampai lancar memainkan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan diiringi seruling.
3.
Tampil di depan kelas untuk menceritakan tentang prakiraan cuaca dan
menyanyikan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan diiringi seruling.
|
145 Menit
|
Penutup
|
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas.
3. Merefleksi tentang
materi yang dipelajari dan siswa menyiapkan bahan/alat yang dibutuhkan untuk
berkreasi (hiasan pegas).
4.
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian sikap : Observasi saat pembelajaran 5
(prakiraan cuaca).
b. Penilaian pengetahuan : Aspek yang dinilai ketepatan tulisan, kebersihan tulisan,
kerapihan tulisan.
c. Penilaian
keterampilan : Menilai proses dan
hasil kerja.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian sikap jujur saat pembelajaran
pembelajaran 5 prakiraan cuaca.
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan/tugas
|
||||
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
||||
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan
yang dimiliki
|
||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus
b.
Penilaian Sikap Disiplin saat pembelajaran
pembelajaran 5 prakiraan cuaca.
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak= apabila peserta didik tidak
menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
||
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
||
Jumlah
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
c.
Penilaian
Pengetahuan (terlampir).
Muatan Bahasa Indonesia.
Bentuk Soal: Menulis pertanyaan mengenai
gambar prakiraan cuaca.
Muatan Matematika
Lembar
kerja dinilai dengan angka. (soal matematika sesuai dengan materi pembelajaran)
d.
Penilaian
Keterampilan
PJOK
Penilaian Lari Estafet Bendera
(Menggunakan Skala Penilaian)
Nama
Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Teknik
start
|
||||
2.
|
Teknik
lari
|
||||
3.
|
Teknik menyerahkan bendera
|
||||
4.
|
Teknik
mendarat
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor Maksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang
siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Seni Budaya
·
Menyanyikan lagu Tik-Tik
Bunyi Hujan dengan diiringi alat musik seruling
Nama
Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ketepatan nada
|
||||
2.
|
Ketepatan tempo
|
||||
3.
|
Penghayatan lagu
|
||||
4.
|
Penampilan
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor Maksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang siswa
memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Penilaian unjuk kerja
membuat hiasan pegas
Nama
Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Persiapan alat dan bahan
|
||||
2.
|
Memotong styrofoam
|
||||
3.
|
Menghias stryrofoam
|
||||
4.
|
Menempelkan stryrofoam
pada pegas
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor Maksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang
siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Mengetahui
Kepala Sekolah
...............................................
NIP ........................................
|
Yogyakarta,
Guru Kelas VII
...................................................
NIP ............................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar