Sabtu, 29 Mei 2010

RPP AUTIS

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : SLB …….

TEMA : Diri Sendiri

KELAS/SEMESTER : TKLB/ I

MATA PELAJARAN : Bahasa, Kognitif, Fisik/Motorik, Seni

ALOKASI WAKTU : 5x pertemuan

A. STANDAR KOMPETENSI :

1. Anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari

2. Anak mampu mendengarkan, berkomunikasi, memiliki pembendaharaan kata dan mengenal symbol-simbol yang melambangkannya

B. KOMPETENSI DASAR :

Anak dapat mengenal konsep dasar warna

C. INDIKATOR :

1. Anak dapat melakukan perintah/instruksi sederhana “samakan” dengan benar

2. Anak dapat menunjukkan dua dari tiga warna

3. Anak dapat menirukan gerakan guru dengan benar

4. Anak dapat menyamakan warna merah dengan merah

5. Anak dapat menyamakan warna hijau dengan hijau

6. Anak dapat menyamakan warna kuning dengan kuning

D. TUJUAN :

1. Dapat melakukan perintah sederhana satu tahap (instruksi “samakan”)

2. Dapat menunjukkan dua dari tiga jenis kartu warna (merah, kuning, hijau)

3. Dapat menirukan gerakan guru mengambil kartu warna merah

4. Dapat menyamakan warna

E. KEMAMPUAN AWAL :

1. Anak dapat melaksanakan instruksi “tirukan”

2. Anak sudah dapat duduk mandiri dikursi

3. Anak dapat melakukan kontak mata

F. MATERI AJAR :

1. Melakukan perintah sederhana satu tahap

2. Menyamakan warna

G. MEDIA :

Kartu warna

MERAH KUNING HIJAU

H. METODE PEMBELAJARAN :

1. Demonstrasi

2. Pemberian tugas

I. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

1. Kegiatan Awal

a. Mengkondisikan siswa, untuk mengikuti pembelajaran

b. Duduk mandiri di kursi

c. Kontak mata

d. Berdoa

2. Kegiatan Inti

a. Siswa duduk mandiri di kursi

b. Siswa melakukan kontak mata ketika dipanggil namanya

c. Siswa melakukan kontak mata ketika diperintah / diinstruksi

d. Siswa menyamakan satu kartu warna merah dengan instruksi samakan

e. Siswa menyamakan satu kartu warna merah dengan posisi berpindah-pindah

f. Siswa menyamakan satu kartu warna merah dengan satu kartu pengecoh, jika siswa sudah dapat mengerjakan ditambah dengan dua pengecoh sampai siswa paham

g. Siswa dan guru menyanyikan pelangi-pelangi

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa mengulang kembali materi yang diajarkan

b. Mengakhiri pelajaran dengan menyanyi

c. Berdoa sesudah belajar

J. EVALUASI / PENILAIAN

1. Prosedur penilaian

Penilaian dilakukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung

2. Jenis test

a. Unjuk kerja

b. Pengamatan


K. SOAL TES

1. Ambil merah

2. Ambil kuning

3. Ambil hijau

4. Samakan

Yogyakarta, 27 Mei 2010

Guru Kelas

………………

KELOMPOK 5

1. UMU AFIFAH L : SLB DIAN AMANAH

2. IIS NURLAELA : SLB NEGERI 4 YOGYAKARTA

3. AULIA WIDYA P : SLB SUTA WIJAYA

4. IRA MAYASARI : SLB NEGERI 1 WONOSARI

5. DEWI ANGGRAENI : SLB PGRI TRIMULYO

6. ARIFIN : SLB MUHAMMADIYAH DEKSO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar