RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPLB
Tema : I
(Satu) Cuaca dan Musim.
Subtema : 1 (Satu)
Cuaca.
Pembelajaran : 2 (Dua) Angin.
Kelas
/ Semester : VII /
I Tunagrahita.
Alokasi
Waktu : 3 X
Pertemuan (3 Hari).
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
1.1 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan
makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan iklim serta perkembangan teknologi produksi.
1.1.1 Menunjukkan
prilaku mensyukuri keadaan cuaca yang sedang terjadi.
1.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber
energi, dan perubahan iklim dan cuaca dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.1.1 Menjelaskan
cara memperoleh informasi dengan wawancara.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporaninformatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber
energi, dan perubahan iklim dan cuaca secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantupenyajian.
4.1.1 Mencari
informasi melalui wawancara.
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.1
Menyadari keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkan nya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Menunjukkan
prilaku mensyukuri keadaan cuaca yang sedang terjadi di lingkungannya.
1.1
Mengidentifikasi cara
merawat dan memelihara tumbuhan dan hewan peliharaan.
3.1.1
Menjelaskan cara merawat
dan memelihara tanaman dengan cara pemangkasan tanaman
4.1
Mendemonstrasikan i
cara merawat dan memelihara tumbuhan dan hewan peliharaan
4.1.1
Memangkas tanaman
Seni Budaya
1.1
Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1 Menunjukkan
prilaku mensyukuri karya seni yang dimiliki daerahnya.
2.3
Mengenal lagu wajib dan
lagu daerah
2.3.1
Mengenal lagu Cerianya
Hari
3.3
Menyanyi lagu wajib dan
lagu daerah sesuai dengan isi lagu
3.3.1 Menyanyikan
lagu Cerianya Hari
Prakarya
1.1
Menghargai alam dan lingkungan
sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
1.1.1 Menunjukkan
prilaku menjaga kelestarian lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.1
Mengenal proses
membuatbel/ lonceng yang digerakkandengantali
3.2.1 Menyebutkan
tahapan proses pembuatan hiasan yang digerakkan dengan tali yaitu lonceng
pengusir burung.
3.4
Mengenal proses
membuathiasan yang digerakkandenganpegas
3.4.1 Menjelaskan
cara membuat kincir angin
4.3
Membuatbel/
lonceng yang digerakkandengantali
4.3.1 Mempraktekkan
pembuatan hiasan yang digerakkan dengan tali yaitu lonceng pengusir burung.
4.4
Membuathiasan/mainan yang digerakkandenganpegas
4.4.1 Membuat
kincir angin
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dapat
mengamati gambar dan membuat pertanyaan.
2. Dapat
melakukan wawancara, untuk mendapatkan informasi tentang angin.
3. Dapat
mempraktikkan memangkas tanaman.
4. Dapat
menyanyiakn lagu Cerianya Hari
5. Mengetahui
alat, bahan dan cara kerja, dan membuat hiasan yang digerakkan dengan tali dan
pegas yaitu lonceng pengusir burung dan kincir angin.
D.
Materi
Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
·
Mencari informasi
dengan wawancara.
Seni
Budaya
·
Bernyanyi lagu Cerianya
Hari.
Prakarya
·
Membuat hiasan yang
digerakkan dengan tali dan pegas yaitu lonceng dan kincir angin.
E.
Metode
dan pendekatan pembelajaran
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan.
Pendekatan
: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi / menalar, dan
mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Gambar,
Lonceng, dan Kincir angin
2. Alat: cutter,
gunting.
3. Bahan: Lidi,
Kertas Berbentuk Persegi, jarum, kaleng bekas, kerikil, tali rafia , lem.
4. SumberBelajar:
Buku siswa, Lingkungan sekitar.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Hari ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah seorang siswa.
·
Melakukan presensi.
·
Mendengarkan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan informasi
·
Mengamati
gambar
Mengasosiasi
·
Membuat
pertanyaan tentang gambar
·
Memjawab
pertanyaan yang dibuat oleh teman
|
145 Menit
|
Penutup
|
·
Melakukan penilaian.
·
Memberikan tugas.
·
Merefleksi tentang materi yang belum dipelajari.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
|
15 Menit
|
Hari ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·
Mendengarkan penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengasosiasi
·
Membuat hiasan
kapal pegas yaitu kincir angin sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan.
Mengkomunikasikan
·
Memajang hasil
karya masing-masing di papan pajang sekolah.
·
Mendiskusikan
lonceng.
|
145 Menit
|
Penutup
|
· Melakukan
penilaian.
·
Memberikan tugas.
·
Merefleksi tentang materi yang dipelajari.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
|
15 Menit
|
Hari
ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·
Mendengarkan penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengasosiasi
·
Membuat hiasan
yang digerakkan oleh tali yaitu
lonceng sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan.
Mengkomunikasikan
·
Menyayikan
lagu Cerianya Hari
·
Tampil di
depan kelas untuk menyanyikan lagu Cerianya Hari.
·
Memajang hasil
karya masing-masing di papan pajang sekolah.
·
Mendiskusikan kincir
angin.
|
145 Menit
|
Penutup
|
· Melakukan
penilaian.
·
Memberikan tugas.
·
Merefleksi tentang materi yang dipelajari.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
|
15
Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap : Observasi saat pembelajaran
2 (angin).
b. Penilaian
pengetahuan : Aspek yang dinilai
ketepatan tulisan, kebersihan tulisan, kerapihan tulisan.
c. Penilaian
keterampilan : Menilai proses dan
hasil kerja.
2. Instrumen Penilaian
Penilaian sikap jujur saat pembelajaran
pembelajaran 6 pegunungan.
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan/tugas
|
||||
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan data atau informasi
apa adanya
|
||||
5
|
Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
|
||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Penilaian
Sikap Disiplin saat pembelajaran
pembelajaran 5 pegunungan.
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam
kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya
= apabila peserta didik menunjukkan
perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak= apabila peserta didik tidak
menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama
Peserta Didik :
………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Memakai seragam sesuai tata
tertib
|
||
4
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
||
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
||
8
|
Membawa buku teks mata
pelajaran
|
||
Jumlah
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
a.
Penilaian
Keterampilan
Seni
Budaya
Menyanyikan lagu Cerianya Hari
Nama Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ketepatan nada
|
||||
2.
|
Ketepatan tempo
|
||||
3.
|
Penghayatan lagu
|
||||
4.
|
Penampilan
|
||||
Jumlah
|
|||||
SkorMaksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 =
tidak kompeten
2 =
cukup kompeten
3 =
kompeten
4 = sangat
kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang
siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Penilaian
unjuk kerja membuat lonceng pengusir burung
Nama
Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Persiapan alat dan bahan
|
||||
2.
|
Melubangi kaleng
|
||||
3.
|
Memberi tali pada kaleng
|
||||
4.
|
Menutup kaleng
|
||||
Jumlah
|
|||||
SkorMaksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 =
tidak kompeten
2 =
cukup kompeten
3 =
kompeten
4 =
sangat kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang
siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Penilaian
unjuk kerja membuat kincir angin
Nama
Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Persiapan alat dan bahan
|
||||
2.
|
Membuat garis
|
||||
3.
|
Menggunting
|
||||
4.
|
Menempel
|
||||
Jumlah
|
|||||
SkorMaksimum
|
16
|
Keterangan penilaian:
1 =
tidak kompeten
2 =
cukup kompeten
3 =
kompeten
4 =
sangat kompeten
Kriteria
penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1). Jika seorang
siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2). Jika seorang
siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3). Jika seorang
siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4). Jika seorang
siswa memperoleh skor 4-7
dapat ditetapkan tidak kompeten
Mengetahui
Kepala
Sekolah
...............................................
NIP
........................................
|
Yogyakarta,
..............................
Guru
Kelas VII
...................................................
NIP
............................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar