Jumat, 29 April 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kurtilas SMPLB-C Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMPLB
Tema                                       : I (Satu) Cuaca dan Musim.
Subtema                                  : 1 (Satu) Cuaca.
Pembelajaran                          : 5 Prakiraan Cuaca
Kelas / Semester                     : VII / I  Tunagrahita.
Alokasi Waktu                        : 3 X Pertemuan (3 Hari).

A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
     1.1.1Menunjukkan rasa syukur bisa memanfaatkan garis bilangan.
2.3   Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
2.3.1        Menunjukkan prilaku kerjasama dengan temannya dalam belajar garis bilangan.
3.2  Memahami letak bilangan pada garis bilangan.
             3.2.1 Menyebutkan cara menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
4.2  Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pada garis tersebut
4.2.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
Bahasa Indonesia
4.3  Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
4.3.1        Menunjukkan prilaku mensyukuri keadaan cuaca yang sedang terjadi.
   3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1        Mencari informasi tentang prakiraan cuaca melalui media
3.1.2        Menjelaskan cara memperoleh informasi tentang prakiraan cuaca
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observatif tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajiannya.
4.1.1        Menuliskan symbol lambang cuaca
IPA
1.1  Menyadari keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1  Menyadari keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
2.2  Menunjukkan perilaku   ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari  sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan  berdiskusi
2.2 Menunjukkan perilaku   dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.1     Mendeskripsikan berbagai perubahan wujud benda
3.1.1 Mendeskripsikan berbagai perubahan wujud benda
4.1      Melaporkan secara sederhana  berbagai perubahan wujud benda
4.1.1 Melaporkan secara sederhana  berbagai perubahan wujud benda
PJOK
1.1    Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
1.1  1. Menunjukkan prilaku mensyukuri memiliki fisik yang sehat.
3.5    Mengenal konsep kebutuhan istirahat, tidur dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
3.5.1 Menyebutkan jenis olahraga rekreatif untuk menjaga kesehatan.
4.5  Menceritakan kebutuhan istirahat, tidur dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
4.5.1 Mempraktekkan olahraga kreatif.
Seni Budaya
1.1  Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1        Menunjukkan prilaku mensyukuri karya seni yang dimiliki daerahnya.
3.3  Mengenal harmoni musik dalam praktek musik.
3.3.1 Menyebutkan cara memainkan alat musik yang menggunakan alat dapur.
4.4  Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara.
4.4.1        Memainkan alat musik bambu.
Prakarya
2.1  Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.1.1 Menunjukkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.4  Mengenal proses membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas.
3.4.1 Menyebutkan tahapan proses pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4  Mempratekkan cara membuat  hiasan yang digerakkan dengan pegas.
4.4.1 Mempraktekkan pembuatan hiasan yang digerakkan dengan pegas.

C.  Tujuan Pembelajaran
1.    Dapat mengamati gambar, membuat pertanyaan.
2.    Dapat melakukan wawancara, untuk mendapatkan informasi tentang prakiraan cuaca.
3.    Dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
4.    Dapat menentukan bilangan yang terletak diantara dua bilangan.
5.    Dapat mengetahui keragaman tempat tinggal.
6.    Dapat bermain musik seruling dan menyanyikan lagu “Tik Tik Bunyi Hujan”
7.    Mengetahui alat, bahan dan cara kerja, dan membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas.

D.  Materi Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan.
Keberagaman tempat tinggal.
Matematika
Letak bilangan pada garis bilangan.
Bahasa Indonesia
Mencari informasi dengan wawancara.
PJOK
Lari estafet bendera.
Seni Budaya
Bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan diiringi seruling.
Prakarya
Membuat hiasan dengan pegas.

E.  Metode dan pendekatan pembelajaran
Metode           :    Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,      mengasosiasi / menalar, dan mengkomunikasikan).

F.   Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Gambar cuaca, Seruling, Bendera.
2.      Alat: Cutter, Gunting, kuas.
3.      Bahan: Styrofoam, lem, pegas, pola payung, topi, jas hujan, cat air, karton.
4.      Sumber Belajar: Buku siswa, Lingkungan sekitar.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Hari ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Berdoa dipimpin oleh salah seorang siswa.
·         Melakukan presensi.
·         Mendengarkan penjelasan tentang  kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan yang akan dicapai.
·          

15 Menit
Pendahuluan
Hari Pertama
Langkah-langkah Kegiatan
1.Siswa menyimak penjelasan guru tentang Prakiraan Cauca (mengamati)
2.Siswa mengamati gambar tentang Prakiraan Cauca (mengamati)
3.Guru mengkondisikan siswa berpasangan dengan  temannya.
4.Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar, menanyakan pertanyaan itu kepada teman, bila merasa belum puas dapat menanyakan kepada Guru. Ketika siswa membuat pertanyaan dan bertanya kepada temannya, Guru berkeliling sambil membuat catatan. Guru memberi arahan, bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk bisa membuat pertanyaan, menanyakan kepada temannya dan menjawab pertanyaan yang diberikan temannya untuk menggali informasi lebih lanjut. Guru memandu siswa untuk menjawab pertanyaan. Jika siswa belum puas dengan jawaban temannya, guru dapat melengkapi jawaban tersebut( menanya)
5.Siswa  menukarkan  dan  mendiskusikan  jawaban pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
6.Siswa diarahkan untuk melakukan wawancara  mencari infomasi tentang prakiraan cuaca
7.Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya sesuai dengan tabel
8.Guru berkeliling sambil membuat catatan dan membimbing siswa yang masih kesulitan menyelesaikan tugasnya.


15 Menit

Hari ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·         Mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
15 Menit
Kegiatan Inti
Mengumpulkan informasi
1.      Mendengarkan penjelasan tentang pembentukan kelompok dan cara melakukan lari estafet bendera.
2.      Melakukan gerakan pemanasan berlari-lari kecil mengelilingi lapangan.
3.      Lari estafet beregu sesuai instruksi guru.
Mengasosiasi
1.      Menghitung bilangan pada garis bilangan seperti urutan dalam lari estafet, kemudian menuliskan bilangan yang terletak diantara dua bilangan pada lembar yang tersedia.
2.      Merdiskusikan tentang keadaan tempat tinggal masing-masing dan mencatat hasil diskusi.
145 Menit
Penutup
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas.
3.      Merefleksi tentang materi yang belum dipelajari dan siswa diminta menyiapkan bahan/alat yang dibutuhkan untuk berkreasi (membuat hiasan pegas).
  1. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
15 Menit
Hari ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·      Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
·      Mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.

15 Menit
Kegiatan Inti
Mengasosiasi
1.      Membuat hiasan yang digerakkan dengan pegas sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan.
Mengkomunikasikan
1.      Memajang hasil karya masing-masing di papan pajang sekolah.
2.      Memainkan seruling sesuai instruksi guru dan melakukannya berulang-ulang sampai lancar memainkan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan diiringi seruling.
3.      Tampil di depan kelas untuk menceritakan tentang prakiraan cuaca dan menyanyikan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan diiringi seruling.
145 Menit
Penutup
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas.
3.      Merefleksi tentang materi yang dipelajari dan siswa menyiapkan bahan/alat yang dibutuhkan untuk berkreasi (hiasan pegas).
4.      Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
15    menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap                    : Observasi saat pembelajaran 5 (prakiraan cuaca).
b.     Penilaian pengetahuan       : Aspek yang dinilai ketepatan tulisan, kebersihan tulisan,
  kerapihan tulisan.
c.    Penilaian keterampilan        : Menilai proses dan hasil kerja.

2.      Instrumen Penilaian

a.      Penilaian sikap jujur saat pembelajaran pembelajaran 5 prakiraan cuaca.
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus 
:

b.      Penilaian Sikap Disiplin saat pembelajaran pembelajaran 5 prakiraan cuaca.
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya     = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak= apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah


Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

c.       Penilaian Pengetahuan (terlampir).
Muatan Bahasa Indonesia.
Bentuk Soal: Menulis pertanyaan mengenai gambar prakiraan cuaca.
Muatan Matematika
Lembar kerja dinilai dengan angka. (soal matematika sesuai dengan materi pembelajaran)

d.      Penilaian Keterampilan
PJOK
Penilaian Lari Estafet Bendera
(Menggunakan Skala Penilaian)
Nama Siswa: ________                                              Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Teknik start




2.
Teknik lari




3.
Teknik menyerahkan bendera




4.
Teknik mendarat




Jumlah




Skor Maksimum
16
Keterangan penilaian:
1 =  tidak kompeten
2 =  cukup kompeten
3 =  kompeten
4 =  sangat kompeten
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).  Jika seorang siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).  Jika seorang siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3).  Jika seorang siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).  Jika seorang siswa memperoleh skor  4-7 dapat ditetapkan tidak kompeten
Seni Budaya
·         Menyanyikan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan dengan diiringi alat musik seruling
Nama Siswa: ________                                              Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Ketepatan nada




2.
Ketepatan tempo




3.
Penghayatan lagu




4.
Penampilan




Jumlah




Skor Maksimum
16

Keterangan penilaian:
1 =  tidak kompeten
2 =  cukup kompeten
3 =  kompeten
4 =  sangat kompeten
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).  Jika seorang siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).  Jika seorang siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3).  Jika seorang siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).  Jika seorang siswa memperoleh skor  4-7 dapat ditetapkan tidak kompeten
  
Penilaian unjuk kerja membuat hiasan pegas
Nama Siswa: ________                                              Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai


1
2
3
4
1.
Persiapan alat dan bahan




2.
Memotong styrofoam




3.
Menghias stryrofoam




4.
Menempelkan stryrofoam pada pegas




Jumlah




Skor Maksimum
16

Keterangan penilaian:
1 =  tidak kompeten
2 =  cukup kompeten
3 =  kompeten
4 =  sangat kompeten
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).  Jika seorang siswa memperoleh skor 14-16 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).  Jika seorang siswa memperoleh skor 11-13 dapat ditetapkan kompeten
3).  Jika seorang siswa memperoleh skor 8-10 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).  Jika seorang siswa memperoleh skor  4-7 dapat ditetapkan tidak kompeten

Mengetahui
Kepala Sekolah


...............................................
NIP ........................................
Yogyakarta,   
Guru Kelas VII


...................................................
NIP ............................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar